Legenda Pelacur Babilonia

http://kumpulanbiografiindonesia.blogspot.com/
Sejarah Dunia - Mesopotomia kuno, dikenal sebagai tempat lahir peradaban modern. Di sana, terbangun sejumlah kota yang berperan penting dalam perkembangan budaya barat. Salah satu kota yang berkembang saat itu adalah Babilonia. Di bawah kepemimpinan Raja Nebukadnezar, kota itu mencapai puncak ekonomi dan budaya. Di balik kesuksesan dareah itu, Babilonia pada awalnya merupakan kota kecil yang masa depannya terancam oleh serbuan yang datang terus menerus.
Di saat serbuan pihak luar terus berdatangan itulah, muncul legenda pelacur terkenal di Babilonia. Cerita tentang pelacur itu mulai terkenal bersamaan dengan majunya tingkat ekonomi di kota itu. Apakah legenda pelacur Babilonia itu sengaja diciptakan dan disebarluaskan untuk tujuan menarik arus perdagangan ke daerah tesebut? Atau hanya sebuah kebetulan belaka?
Sejumlah ahli mengemukakan bahwa legenda itu sengaja direncanakan sebagai ide cemerlang untuk mengangkat Babilonia menjadi daerah yang berkuasa. Para pemimpin kota menyadari bahwa seks akan lebih menarik dan lebih cepat menjual dibanding cerita politik atau agama.
Hal inilah yang membuat proyek besar ini dirancang untuk jangka waktu yang sangat panjang. Mereka membangun sebuah legenda tentang Pelacur Babilonia, sebuah tokoh mitos yang dihadirkan untuk menyampaikan kesan bisnis prostitusi yang bergengsi dan memikat para pria hidung belang.
Menurut teori yang berkembang, dikisahkan Raja Babilonia dan jajaran-jajaran kerajaan secara aktif menyebarluaskan mitos yang menceritakan bahwa ada hura-hura dan pesta seks besar-besaran di kota itu. Dengan demikian, reputasi Babilonia sebagai kota yang penuh nikmat tersebur luas sehingga banyak lelaki berlomba-lomba ke kota itu demi mencari kepuasan dan kenikmatan. Hal inilah yang secara luas juga berdampak pada meningkatnya sektor perdagangan, bahkan pariwisata.
Kekayaan yang baru menumpuk ini diharapkan akan mampu mendorong kota itu untuk bisa tumbuh hidup dan makmur. Bahkan di akhir abad ke-4 sebelum Masehi, Alexander Agung yang tergiur dengan godaan kota itu, memerintahkan pasukannya beristirahat di Babilonia untuk menghabiskan musim dingin.
Waktu demi waktu, yang terjadi tak seperti harapan. Legenda Pelacur Babilonia lama kelamaan mulai tak mempan mendatangkan pria-pria. Citra kemakmuran dan kekayaan yang dipancarkan oleh mitos Pelacur Babilonia hanya bertahan semasa awal-awal Masehi dan berubah menjadi kesan dosa.


sumber :  http://ruangkabar.com/sejarah-dunia-legenda-pelacur-babilonia-strategi-mengangkat-perekonomian-kota/
Share this article :
 
 

Copyright © 2013. KUMPULAN MASA SEJARAH